Pengantar Diktat Hukum

Assalamu'alaikum wa rahmatullah wa barakatuh,

Ma'af untuk konten atau materi yang ada memang tidak semuanya merupakan postingan/tulisan saya sendiri, namun demikian hal tersebut saya maksudkan memang untuk memenuhi subyektifitas tematik.

dan saya memohon ma'af apabila memang ada sebagian dari posting atau tulisan yang tidak atau belum diterbitkan dengan ijin penulis aseli, akantetapi posting/tulisan tersebut tetap saya tampilkan secara aseli beserta penulis, dan bila memang ada yang belum/tidak terdapat nama dan sumber aseli maka sekali lagi saya mohon ma'af atas kealpaan saya hingga lupa dari blog atau/situs mana saya memperolehnya pada saat mengkopi.

sekali lagi harap maklum dan saya akan terima komentar serta kritik melalui media penghubung yang telah saya sediakan.

dikarenakan blog/site ini hanyalah sekedar sarana berbagi materi, teori dan doktrin dalam bidang hukum semata, namun saya usahakan bahwa posting berdasarkan kajian saya pribadi akan saya sampaikan kemudian - dan memang saat ini belum semuanya dapat saya upload dikarenakan sesuatu kepentingan profesional.

blog dari blogger yang punya profesi sebagai praktisi hukum, sekedar share tentang ilmu dan keilmuan hukum secara teori dan praksis serta pengetahuan umum.

terimakasih,

wasalam.


Agung Pramono

Harry Potter dan Peradilan Hukum 8

Pelesetkan Harry Potter jadi Merek Kondom, Perusahaan Swiss Digugat

Produser film Harry Potter meradang. Pasalnya, nama tokoh film yang mendunia itu dicatut yang dipelesetkan menjadi merek kondom, Harry Popper.

Mestinya, persoalan tak akan sampai ke ranah hukum andai saja perusahaan pembuatnya, Magic X , tidak menampilkan gambar sang tokoh, Daniel Radcliffe — yang juga dipelesetkan — dalam iklannya.

Dalam iklan versi cetak, Harry Potter tampil dengan ciri khasnya, kaca mata bundar dan tongkat sihir. Tapi lidahnya diperpanjang secara mesum dan berkonotasi seksual.

Tidak mengherankan, tidak semua orang senang. Warner Bros minggu ini menggugat produsen kondom asal Swiss atas pelanggaran hak cipta. “Klien saya dalam bahaya,” keluh pengacara studio itu pada surat kabar Bote Swiss. “Ini jelas merupakan referensi untuk film dan karakter fiksi Harry Potter. Setiap orang yang melihat kondom otomatis berpikir tentang Harry Potter.”

Kondom Harry Popper dilaporkan dipasarkan sejak tahun 2006.

Itu sebabnya, angka gugatan tak main-main, 15 juta poundsterling. Estimasinya, tak hanya Warner Bros yang dirugikan, tapi juga pengarangnya, JK Rowling.

Pada tahun 2008, studio meluncurkan gugatan serupa terhadap produksi filmBollywood berbahasa Hindi berjudul, Hari Puttar: A Comedy of Teror. Gugatan itu akhirnya dibatalkan oleh pengadilan India.

Untuk saat ini, produsen kondom Magic X yang berdiri teguh. “Produk kami tidak ada hubungannya dengan Harry Potter,” ujar seorang juru bicara perusahaan.

sumber: republika.co.id 21/08/2010 21:51:01

Dari gambar di kemasannya, kondom ini jelas mencitrakan Harry Potter. Tak heran jika Warner Brothers menggugat pabriknya, meski sebenarnya merk kondom itu agak berbeda dari nama si penyihir muda yakni Harry Popper.

Kemasan kondom buatan Swiss yang menggunakan warna dasar hitam itu menampilkan gambar kondom bergerigi, yang memiliki wajah berkaca mata bulat dan memegang tongkat sihir dengan tangan kirinya. Persis di bawahnya tertulis merk Harry Popper dengan warna merah yang dibingkai putih.

Produser film Harry Potter, Warner Brothers tentu saja tidak terima dengan merk kondom yang dimirip-miripkan tersebut. Perusahaan yang pada November mendatang akan meluncurkan film terbaru Harry Potter dan video game tentang si penyihir itu mengaku sangat dirugikan.

Melalui juru bicaranya, perusahaan tersebut menilai kondom ini telah mencemarkan Harry Potter yang selalu dicitrakan sangat positif. Bagi Warner Brothers, dengan citra yang demikian maka seharusnya Harry Potter tidak punya urusan dengan kondom.

Dikutip dari Gawker.com, Jumat (20/8/2010), hingga saat ini belum ada tanggapan dari pihak pembuat kondom. Yang jelas produk ini telah meraup sukses sejak pertama kali dipasarkan pada tahun 2006.

sumber: http://hileud.com/hileudnews?title=Film+Harry+Potter+Dirugikan+Perusahaan+Kondom&id=248421

0 komentar :

Posting Komentar

komen atau kritik dipersilakan selama nggak nyangkut SARA atau hal sensitif lain.
karena saya sendiri nggak punya ilmu-nalar-logika yang mumpuni buat njaga agar nggak keluar jalur.

It's just Me

Foto Saya
Agung Pramono
lelaki, suami, ayah, teman
Lihat profil lengkapku

Mapping

My Books