Pengantar Diktat Hukum

Assalamu'alaikum wa rahmatullah wa barakatuh,

Ma'af untuk konten atau materi yang ada memang tidak semuanya merupakan postingan/tulisan saya sendiri, namun demikian hal tersebut saya maksudkan memang untuk memenuhi subyektifitas tematik.

dan saya memohon ma'af apabila memang ada sebagian dari posting atau tulisan yang tidak atau belum diterbitkan dengan ijin penulis aseli, akantetapi posting/tulisan tersebut tetap saya tampilkan secara aseli beserta penulis, dan bila memang ada yang belum/tidak terdapat nama dan sumber aseli maka sekali lagi saya mohon ma'af atas kealpaan saya hingga lupa dari blog atau/situs mana saya memperolehnya pada saat mengkopi.

sekali lagi harap maklum dan saya akan terima komentar serta kritik melalui media penghubung yang telah saya sediakan.

dikarenakan blog/site ini hanyalah sekedar sarana berbagi materi, teori dan doktrin dalam bidang hukum semata, namun saya usahakan bahwa posting berdasarkan kajian saya pribadi akan saya sampaikan kemudian - dan memang saat ini belum semuanya dapat saya upload dikarenakan sesuatu kepentingan profesional.

blog dari blogger yang punya profesi sebagai praktisi hukum, sekedar share tentang ilmu dan keilmuan hukum secara teori dan praksis serta pengetahuan umum.

terimakasih,

wasalam.


Agung Pramono

membuat homepage di template Artisteer.

Tips ini berbeda dengan trik lainnya yang udah tersebar di dunia maya, karena tidak lagi dengan cara menyiasati 'setting penerbitan postingan' yang mesti selalu diupdate, tips ini tidak perlu pengulangan lagi setelah dibuat dan tidak ada posting yang eprlu diubah-ubah terus settingan waktu penerbitannya.

Jangan lupa untuk mencentang ‘Expand Template Widget’ pada fitur ‘rancangan’ di bagian ‘edit HTML’, dan Download Template Lengkap terlebih dahulu sebelum melakukan modifikasi ini.

Nah, sekarang kita mulai modifikasi – langsung saja.

copy kode di bawah ini:

<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<style>
.art-Post,.blog-pager {display:none !important;}
</style>
</b:if>


kemudian paste-kan di bawah kode ini:

]]></b:skin>

Keterangan:


Kode <b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'> adalah kode yang menunjukkan langsung pada halaman pertama di blogspot yang akan selalu muncul pada saat kita meload alamat blog dari blogspot yang dituju.

Perbedaan template yang dibuat di Artisteer adalah pada kode CSS posting yang sebetulnya merupakan widget/gadget dengan id=’Blog1’ sebagai bagian dari class=’art-post’.

Namun, permasalahannya bila kita sembunyikan id=’Blog1’ maka kita akan kesulitan dalam pengaturan di fitur ‘rancangan’ pada bagian ‘elemen laman’, karena widget itu tidak akan tampak pada ‘elemen laman’.
Oleh karena itu sebaiknya ‘class’-nya saja yang disembunyikan pada halaman depan sehingga kita tetap dapat melihatnya pada fitur ‘rancangan’.

Dan hanya kode itulah yang kita butuhkan untuk menyembunyikan widget posting di halaman depan blogspot agar tidak muncul setiap saat kita klik menuju homepage, widget itu tetap berada di sana hanya kita lah yang menyembunyikannya dari homepage.

Kemudian untuk lebih tampak bagus alangkah baiknya kita buat kata sambutan dengan menggunakan widget ‘html’ melalui fitur ‘rancangan’ di bagian ‘elemen laman’, dan untuk menggunakan ini ada baiknya kita tambah lagi pengetahuan kita dengan cara penulisan untuk kode HTML agar lebih rapi.

Agar lebih mudah dalam tampilannya, maka buatlah terlebih dahulu sebuah kolom di bawah postingan dengan perubahan kode sederhana, sebagai berikut.

Cari kode dibawah ini:

<div class='art-contentLayout'> <b:section class='art-content' id='main' showaddelement='no'>
Kemudian ubah ‘showaddelement’ dari =‘no’ menjadi =‘yes’.

Fungsi dari kolom ini nantinya akan kita gunakan untuk membuat pengantar atau sejenisnya (terserah kita) yang hanya akan tampak di halaman depan blog, dan yang tidak kalah penting adalah jangan lupa untuk menyembunyikan ‘widget id dari kolom’ yang kita gunakan sebagai pengantar tersebut agar tidak muncul pada halaman yang lainnya.

Dengan cara, yaitu:

<b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'>
<style>
#(widget id) {display:none !important;}
</style>
</b:if>

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<style>
#(widget id) {display:none !important;}
</style>
</b:if>


Kode <b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'> menunjuk kepada halaman selain homepage, dan kode <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'> menunjuk kepada halaman posting/artikel, dan dari sinilah akan kita sembunyikan widget posting.
jadi keseluruhan kodenya nanti adalah seperti ini:


]]></b:skin>
<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'>
<style>
.art-Post,.blog-pager {display:none !important;}
</style>
</b:if>


<b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'>
<style>
#(widget id) {display:none !important;}
</style>
</b:if>


<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<style>
#(widget id) {display:none !important;}
</style>
</b:if>


nah, untuk kode#(widget id) itu saya contohkan sebagai #HTML5, atau bisa ditambahkan lagi widget/gadget apa aja (misal: #Profile1, #Label1, HTML 1, HTML2 dlsb) yang juga nggak akan ditampilkan di 'halaman selain homepage dan halaman posting'.

Sedangkan, kode ‘blog-pager’ adalah elemen ‘navigasi next-previous’ yang biasanya berada di bawah posting, dan itu sebaiknya disembunyikan karena tidak terlalu perlu berada di halaman depan karena sudah ada navigasi menu.

Yah, sebetulnya cuma itu saja trik yang dibutuhkan untuk menyembunyikan widget posting dari halaman depan di blogspot, namun sementara ini hanya dapat dilakukan pada template blogger buatan Artisteer, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa template umum yang lainnya dapat dilakukan – hanya tinggal menemukan kode yang sama dengan clas=‘.art-Post’ di Artisteer dan menyembunyikannya dari halaman depan.

tengkiyu

0 komentar :

Posting Komentar

komen atau kritik dipersilakan selama nggak nyangkut SARA atau hal sensitif lain.
karena saya sendiri nggak punya ilmu-nalar-logika yang mumpuni buat njaga agar nggak keluar jalur.

It's just Me

Foto Saya
Agung Pramono
lelaki, suami, ayah, teman
Lihat profil lengkapku

Mapping

My Books