Pengantar Diktat Hukum

Assalamu'alaikum wa rahmatullah wa barakatuh,

Ma'af untuk konten atau materi yang ada memang tidak semuanya merupakan postingan/tulisan saya sendiri, namun demikian hal tersebut saya maksudkan memang untuk memenuhi subyektifitas tematik.

dan saya memohon ma'af apabila memang ada sebagian dari posting atau tulisan yang tidak atau belum diterbitkan dengan ijin penulis aseli, akantetapi posting/tulisan tersebut tetap saya tampilkan secara aseli beserta penulis, dan bila memang ada yang belum/tidak terdapat nama dan sumber aseli maka sekali lagi saya mohon ma'af atas kealpaan saya hingga lupa dari blog atau/situs mana saya memperolehnya pada saat mengkopi.

sekali lagi harap maklum dan saya akan terima komentar serta kritik melalui media penghubung yang telah saya sediakan.

dikarenakan blog/site ini hanyalah sekedar sarana berbagi materi, teori dan doktrin dalam bidang hukum semata, namun saya usahakan bahwa posting berdasarkan kajian saya pribadi akan saya sampaikan kemudian - dan memang saat ini belum semuanya dapat saya upload dikarenakan sesuatu kepentingan profesional.

blog dari blogger yang punya profesi sebagai praktisi hukum, sekedar share tentang ilmu dan keilmuan hukum secara teori dan praksis serta pengetahuan umum.

terimakasih,

wasalam.


Agung Pramono

Harry Potter dan Peradilan Hukum 2

JK Rowling-Warner Bros Tuntut Ensiklopedi Tak Resmi 'HARRY POTTER'

Kapanlagi.com - Satu buku yang dirancang sebagai ensiklopedi tak resmi yang menyertai seri HARRY POTTER melanggar hak cipta dan merupakan upaya untuk mengeruk uang dengan memanfaatkan nama buku yang sudah tenar itu, kata penulis buku tersebut, JK Rowling dan Warner Bros., ketika mereka mengajukan tuntutan hukum, Rabu.

Buku setebal 400 halaman itu, THE HARRY POTTER LEXICON - yang dijadwalkan diluncurkan oleh RDR Boooks pada 28 November di Amerika Serikat, secara tidak tepat telah merujuk kepada lingkungan dan para tokoh fiksi karya Rowling, kata Rowling dan Warner Bros..

RDR Books menyatakan penulis buku rujukan itu, Steve Vander Ark, mendasarinya pada laman Internet fannya, www.hp-lexicon.org, yang digunakan 25 juta pengunjung dan telah disebut sebagai "tempat besar" oleh Rowling sendiri.

Dalam suatu pernyataan Rabu, Rowling mengatakan sekalipun ia mencintai laman fan, ia berharap untuk menulis ensiklopedi definitif HARRY POTTER, yang akan meliputi semua bahan yang tak pernah dibuatnya jadi novel, dan menyumbangkan hasilnya kepada badan amal.

"Oleh karena itu, kami menyetujui 'buku pendamping' atau 'ensiklopedi' yang berusaha mendahului buku rujukan definitif HARRY POTTER saya untuk manfaat pribadi penulisnya sendiri," katanya.

Tuntutan hukum tersebut menyebut RDR Books, penerbit independen yang berpusat di Michigan, dan orang yang tak disebutkan sebagai tersangka.

Tuntutan itu mengupayakan ganti rugi bagi hak cipta dan pelanggaran tanda dagang federal dan setiap keuntungan yang diperoleh dari buku tersebut. "Buku yang melanggar itu sangat mengganggu karena itu merupakan pelanggaran langsung terhadap keinginan yang berulang-kali disampaikan oleh Nona Rowling untuk menerbitkan bukunya sendiri yang menyertai seri tersebut," demikian isi tuntutan hukum itu, yang diajukan ke pengadilan federal di Manhattan.

Roger Rapoport, penerbit dan pemilik RDR Books, mengatakan Vander Ark, seorang pustakawan, telah berbicara pada konferensi akademis Harry Potter di Inggris, Kanada, dan Amerika Serikat dan garis waktu yang ia ciptakan digunakan oleh Warner Bros. dalam DVD yang meluncurkan film HARRY POTTER.

"Buku yang akan terbit itu hanya mendorong penjualan karya JK Rowling dan kami bermaksud menerbitkannya sesuai jadwal yang direncanakan," kata Rapoport.

Warner Bros., satuan dari Time Warner Inc., yang memegang hak cipta dan hak mereka dagang bagi ketujuh buku HARRY POTTER, mengatakan dalam suatu pernyataan perusahaan tersebut sedang berusaha melindungi hak Rowling untuk menerbitkan buku yang menyertai "Harry Potter" pada masa depan. (*/erl)

sumber: http://www.kapanlagi.com/showbiz/hollywood/jk-rowling-warner-bros-tuntut-ensiklopedi-tak-resmi-harry-potter-4agssmf_print.html

0 komentar :

Posting Komentar

komen atau kritik dipersilakan selama nggak nyangkut SARA atau hal sensitif lain.
karena saya sendiri nggak punya ilmu-nalar-logika yang mumpuni buat njaga agar nggak keluar jalur.

It's just Me

Foto Saya
Agung Pramono
lelaki, suami, ayah, teman
Lihat profil lengkapku

Mapping

My Books